Kamis, 09 Mei 2013

Kebahagian yang tak kau sadari


Suatu hari seorang ayah dan anaknya sedang duduk berbicara di tepi sungai. kata ayah kepada anaknya, “Lihatlah anakku, air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati,”
Pada saat yang bersamaan, seekor ikan mendengarkan percakapan itu dari bawah permukaan air, ia mendadak menjadi gelisah dan ingin tahu apakah air itu, yang katanya begitu penting dalam kehidupan ini. ikan kecil itu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil nertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya, “Hai tahukah kamu dimana air? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tidak bisa hidup tanpa air.”
Ternyata semua ikan tidak mengetahui dimana air itu. Si ikan kecil semakin gelisah, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu ikan sepuh yang berpengalaman, kepada ikan sepuh itu ikan kecil itu menanyakan hal serupa, “Dimanakah air itu ?”
Jawab ikan sepuh, “Tak usah felisah anakku, air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu tidak menyadarinya. Memang benar tanpa air kita akan mati.”
Apa arti cerita tersebut bagi kita. Manusia kadang mengalami situasi seperti si ikan kecil, mencari kasana kemari tentang kehidupan dan kebahagaan, padahal ia sedang menjalaninya, bahkan kebahagaan sedang melingkupinya sampai-sampai dia tidak menyadarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar