Selasa, 07 Mei 2013

Cintai Dirimu


CINTA DIRI


Kata cinta merupakan kata yang mudah untuk diucapkan tetapi sungguh kata tersebut sarat dengan makna. Kata tersebut memiliki nilai rasa yang sungguh luar biasa karena kata ini merupakan salah satu kunci kebahagiaan.
        Tetapi, akankah manusia yang memiliki rasa ini selalu berada dalam posisi menguntungkan, barangkali kemungkinan itu besar bahwa manusia selalu dalam sisi yang untung apabila memiliki rasa ini. Tetapi sejauh manakah keberuntungan yang dimilikinya itu.
        Cinta adalah kunci kebahagiaan, dengan mencintai dirinya manusia akan meraih segalanya, berbagai rintangan tentulah akan ia hadapi untuk meraih segalanya karena cinta. Manusia akan menghindari rasa tak bahagia, rasa tak berarti  serta kekerdilan dan kemiskinan. Karena cinta manusia mau berprestasi karena cinta manusia mau bekerja keras, semuanya diawali dengan cinta kepada diri. Barangkali amal manusia pun ia suguhkan karena kepemilikan cinta kepada diri. Itu.
        Apakah ada manusia yang tidak cinta pada dirinya ? Barangkali pertanyaan ini tampak retoris karena dalam kacamata kita pastilah semua memiliki cinta kepada dirinya. Tetapi di sisi lain pertanyaan ini sungguh ‘smart’ sehingga menimbulkan pertanyaan lain seperti apa manusia yang tidak mencintai dirinya, apakah orang yang tidak suka akan fisiknya atau kemiskinan materi yang menderanya sehingga ia enggan hidup. Barangkali jawabannya adalah ‘no’, bukan itu.
Manusia yang mencintai diri akan berusaha untuk mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat, mencapai kebahagiaan yang nyata bukan kebahagiaan semu. Manusia ini akan memilih hidup dengan pola pikir yang panjang, yang tidak hanya berlaku hari ini, esok, lusa atau setahun tetapi berpikir sesuatu yang akan membawa dia pada suatu konsekuensi sepanjang hayatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar